Selasa, 20 Januari 2015

Stasiun Kertapati

Gerbang Stasiun Kertapati

Stasiun Kertapati namanya, merupakan satu-satunya stasiun kereta api yang ada di kota Palembang. Stasiun Kertapati terletak di jalan Ki Merogan kecamatan Kertapati, Palembang. Stasiun ini berada di pinggiran anak sungai Musi.  Jika kita ingin pergi ke stasiun ini, kita bisa menggunakan angkot ataupun bus kota tujuan kertapati.

Stasiun Kertapati melayani tiga rute perjalanan penumpang, yakni tujuan Tanjung Karang (Bandar Lampung), Lubuk Linggau, dan Indralaya (PP). Selain itu stasiun Kertapati juga digunakan sebagai jalur transportasi kereta yang mengangkut batu bara, BBM, dan Karet. Oh ya, untuk kereta yang mengangkut batu bara sering dikenal dengan sebutan kereta Babaranjang atau batu bara rangkaian panjang.

Kereta tujuan Indralaya merupakan kereta yang disediakan khusus untuk mahasiswa Universitas Sriwijaya (Unsri). Ya, karena Unsri memiliki dua kampus, di Palembang dan di Indralaya. Jika ingin berkunjung ke Indralaya dengan kereta, kita cukup membayar 2.500 rupiah saja.

Untuk kereta kelas Ekonomi dari stasiun Kertapati berangkat pagi hari, sedangkan kereta kelas Bisnis dan Eksekutif berangkat malam hari. Namun itu tidak berlaku untuk tujuan Indralaya karena hanya berangkat di pagi hari dan tidak ada pilihan kelas kereta. Sebelum berpergian dengan menggunakan kereta, jangan lupa untuk mengecek jam keberangkatannya (bisa melalui internet atau bertanya di minimarket yang menjual tiket kereta).

Saat ini tiket kerata api bisa didapatkan melalui minimarket indomaret dan alfamart. Namun jika kita ingin membeli langsung di stasiun, saya sarankan untuk menghindari calo. Selain harga tiketnya yang bisa dua sampai tiga kali lipat dari harga normal, kita juga bisa bermasalah jika ada pemeriksaan KTP di kereta.(kur)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar