Jumat, 09 Januari 2015

Hal Wajib Saat Berkunjung ke Perpustakaan Daerah


Lebih dari satu tahun yang lalu terakhir kali saya datang ke Perpustakaan Daerah Sumatera Selatan. Agak canggung rasanya, saya seperti lupa apa saja hal wajib yang harus dilakukan ketika datang ke tempat tersebut. Sekarang saya kembali datang ke tempat ini untuk berdiskusi mengenai Tugas Akhir dengan partner saya. Dulu saya sering datang kesini untuk berdiskusi dan berkumpul bersama teman-teman Pers Mahasiswa. Namun setelah demisioner, saya seperti tidak ada alasan lagi untuk datang ke Perpustakaan Daerah.

Di Perpustakaan Daerah, kita bisa memanfaatkan berbagai fasilitas mulai dari peminjaman buku, wifi gratis, ruang diskusi, suasana yg nyaman, dan koleksi buku yang lumayan lengkap (bagi saya) untuk dijadikan referensi kuliah. Tentu ada beberapa fasilitas yang mengharuskan kita menjadi anggota terlebih dahulu. Tapi jangan takut, untuk menjadi anggota Perpustakaan Daerah gampang kok. Kita tinggal mengisi formulir melalui komputer yang telah disediakan. Selanjutnya kita mendatangi petugas administrasi untuk berfoto.

Saya sendiri menjadi anggota Perpustakaan Daerah Sumatera Selatan sejak Februari 2013. Untuk menjadi anggota, kita diwajibkan menyumbang, boleh menyumbang buku ataupun dalam bentuk uang untuk Perpustakaan Daerah. Kalau saya dulu menyumbangkan uang, minimal 10 ribu rupiah. Mudah-mudahan sekarang tidak bertambah jumlah sumbangannya.hehe

Mungkin diantara pembaca ada yang mengalami hal sama seperti saya, sudah lama tidak datang ke Perpustakaan Daerah atau mungkin juga baru akan datang untuk pertama kalinya. Agar tidak canggung, berikut ini saya rangkumkan langkah-langkah dan hal wajib yang kita lakukan saat datang ke Perpustakaan Daerah.

Pertama kita harus mengisi formulir tamu melalui komputer yang telah disediakan. Komputer untuk anggota dan non anggota dipisahkan. Untuk anggota ada disebelah kanan ketika kita masuk, dan yang non anggota ada disebelah kiri. Namun sewaktu saya datang, komputer form anggota yang ada di tempat biasa sedang rusak, dan dipindahkan ke meja petugas tempat kita biasa mengembalikan buku (tepat di depan tempat komputer biasa).

Selanjutnya kita wajib menitipkan tas atau jaket. Bawa semua barang berharga seperti HP, Laptop, dsb. Jangan ditinggalkan dalam tas demi keamanan. Tempat penitipan tas atau jaket ada di ruang sebelah meja form anggota. Dulu ketika akan menitipkan tas, ada petugas penitipan yang mengaturnya. Tapi sekarang kita menitipkan tas secara mandiri. Ambil nomor yang terletak di meja, masuk ke ruang penitipan, cari loker sesuai nomor. Setelah tas kita dititip dalam loker, kunci dan gantungkan kuncinya di dinding yang telah disediakan. Jangan lupa simpan nomor yang kita ambil.

Setelah itu semua dilakukan, kita tinggal memasukkan alas kaki di rak/lemari yang tersedia dan fasilitas Perpustakaan Daerah bisa kita nikmati. Ayo kita ke Perpustakaan Daerah!(kur)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar