Jumat, 09 Januari 2015

Masjid Besar dan Wisata Baitullah



Ada sesuatu yang menarik ketika saya Solat Jum’at di salah satu masjid. Saya baru pertama kali datang ke masjid tersebut. Masjid itu bernama Masjid Besar dan Wisata Baitullah.

Ternyata, di Kota Palembang terdapat sebuah masjid wisata. Masjid tersebut memiliki halaman yang cukup luas. Yang menarik perhatian saya, masjid tersebut memiliki gedung serbaguna yang diberi nama Graha Assalam, letaknya tepat disebelah kiri masjid. Bahkan jika kita berada di dalam masjid, kita dapat langsung melihat kedalam gedung serbaguna tersebut, karena antara masjid dan gedung serbaguna hanya dibatasi dinding kaca. Saya rasa, Masjid Besar Baitullah adalah satu-satunya masjid yang menyediakan gedung serba guna untuk repsepsi pernikahan di Kota Palembang.

Masjid Baitullah diresmikan tahun 1989. Letaknya berada di jalan  Sultan Mansyur Bukit Lama atau biasa disebut jalan Tangga Buntung. Untuk mencari masjid tersebut gampang, kita tinggal menyusuri jalan dari Bukit Siguntang kearah tangga buntung. Masjid tersebut memiliki tanah yang luas, menurut saya kalau dilihat halamannya seperti taman rekreasi keluarga. Di halaman masjid tersebut juga terdapat monumen berbentuk Al-Qur’an raksasa yang terbuat dari batu.

Disamping kanan dan bagian belakang terdapat gedung Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) dan dilengkapi dengan kantin masjid. Jika kita berkunjung pagi atau sore hari, kita akan melihat banyak anak-anak TPA yang bermain di halaman masjid.(kur)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar